Sambut Hut Kemerdekaan RI, Semua Rumah Menteri Di IKN Siap Digunakan

0

 


(P S N) Patrosidaknews. Com

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan sarana prasarana di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara siap untuk upacara 17 Agustus mendatang. Ia berujar, semua rumah tapak jabatan menteri bisa digunakan.


"36 rumah, siap (digunakan)," ujar Basuki Hadimuljono ketika ditemui di Semarang, Jawa Tengah, Senin, 17 Juni 2024. Begitu pula dengan 12 dari 47 tower hunian aparatur sipil negara (ASN). Basuki berujar, hunian itu nantinya akan digunakan petugas upacara untuk bermalam. Selain itu, Hotel Nusantara juga akan difungsikan untuk kebutuhan yang sama.


Prasarana lain yang siap digunakan saat perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-79, Basuki Hadimuljono menambahkan, adalah rumah sakit. Ia menyebut Rumah Sakit Hermina dan Mayapada bisa membuka layanan Instalasi Gawat Darurat (IGD). "Itu termasuk salah satu syarat kita melaksanakan upacara (di IKN)" kata dia.


Selanjutnya untuk kebutuhan air, Basuki Hadimuljono berujar, pipa dari Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sepaku ke reservoir di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN sedang di-instal. Rencananya, pada 23 Juni akan dilakukan commissioning atau uji coba distribusi air tersebut.


"Akhir Juni atau awal Juli, mudah-mudahan sudah beroperasi air bersih untuk minumnya. Karena di sana (IKN) standarnya air minum," kata Basuki Hadimuljono.

Pemerintah memang sejak lama merencanakan upacara HUT Kemerdekaan RI tahun ini di IKN seiring dengan berjalannya pembangunan proyek tersebut. Namun, acara kenegaraan ini tidak digelar sepenuhnya di ibu kota baru karena sebagian masih akan diselenggarakan di Jakarta.


Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, upacara belum bisa digelar sepenuhnya di IKN karena saat ini masih periode transisi perpindahan ibu kota negara. Menurut Jokowi, upacara 17 Agustus bisa digelar di IKN sepenuhnya pada 2025 setelah terbit surat keputusan presiden tentang perpindahan ibu kota negara. “Termasuk juga urusan yang berkaitan dengan mobilisasi, transportasi, akomodasi itu tidak mudah,” kata Jokowi pada 11 Juni 2024.


Dengan pelaksanaan upacara di dua lokasi, pemerintah juga menyiapkan dua skenario. Rencananya, upacara di IKN akan dipimpin Presiden Jokowi. Eks Gubernur Jakarta itu bakal didampingi presiden terpilih Pilpres 2024 Prabowo Subianto. Sementara itu, upacara HUT Kemerdekaan Indonesia di Jakarta akan dipimpin Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang bakal didampingi wakil presiden terpilih Pilpres 2024 Gibran 

(Trisno.mgrb) 

#jokowidodo #jokowibersamarakyat #JokowiMembangunNegeri #JokowiMembangunIndonesia #IndonesiaHebat #indonesiaku #HUTRI #kemerdekaan #IKN #ibukotanusantara

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)