*Danrem 162/Wira Bhakti Inspirasi Ribuan Mahasiswa UIN Mataram*

0


 (P S N) Patrosidaknews. Com

MATARAM, NTB - Brigjen TNI Agus Bhakti, S.I.P., M.I.P., M.Han., Komandan Korem 162/Wira Bhakti memberikan kuliah umum dihadapan 1.500 mahasiswa, dosen, serta pejabat Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram. Bertempat di Auditorium Kampus 2 UIN Mataram, topik kuliah umum yang ia sampaikan adalah mengenai "Wawasan Kebangsaan dan Pancasila", (28/8/24).


Dalam makalah kuliahnya, Brigjen TNI Agus Bhakti menekankan pentingnya Pancasila dan NKRI sebagai fondasi utama negara Indonesia. Ia menjelaskan bagaimana Pancasila sebagai ideologi bangsa menjadi dasar dan pemersatu dalam pembentukan negara Indonesia. Menurutnya, persatuan dan semangat kebangsaan yang tinggi adalah faktor penentu dalam meraih kemerdekaan dan mencapai kemajuan sebagai negara.


Brigjen TNI Agus Bhakti juga mengambil contoh sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan, melalui perjuangan gigih dan pengorbanan dari seluruh rakyat Indonesia. Ia menunjukkan betapa pentingnya merawat nilai-nilai kebangsaan yang diwariskan oleh para pejuang kemerdekaan dan dia meminta mahasiswa untuk selalu mempertahankan Pancasila dan NKRI sebagai pemersatu bangsa.


Selain itu, dalam kesempatan tersebut, Brigjen TNI Agus Bhakti juga menekankan tentang pentingnya menjaga diri dan lingkungan dari berbagai ancaman yang semakin mengintai di era digital, seperti penyalahgunaan narkoba dan radikalisme. Ia menekankan bahwa di tengah kemajuan teknologi dan pertumbuhan yang pesat, generasi muda harus memiliki filter yang kuat agar dapat menangkal pengaruh negatif yang dapat merusak masa depan mereka dan bangsa.



Rektor UIN Mataram, Prof. Dr. H. Masnun Tahir, M.Ag. menyampaikan terima kasih atas kunjungan Komandan Korem 162/WB ke kampus UIN Mataram dan atas kesediaannya memberikan kuliah umum tersebut. Dalam akhir kuliahnya, Brigjen TNI Agus Bhakti mengajak para mahasiswa untuk terus memberikan kontribusi dan berperan aktif dalam membangun sebuah masyarakat yang lebih sehat, aman dan sejahtera serta menjadi benteng pertahanan dalam menghadapi berbagai tantangan masa depan yang datang.


Kunjungan Brigjen TNI Agus Bhakti untuk memberikan pandangan, wawasan dan inspirasi bagi para mahasiswa dan staf pengajar dalam meningkatkan pengabdian mereka kepada bangsa dan negara, khususnya dalam pemahaman mengenai wawasan kebangsaan dan keamanan. Semoga kuliah umum tersebut dapat memberikan wawasan bagi semua yang hadir dan memiliki pengaruh positif untuk masa depan negara dan bangsa. 


( KABIRO NTB )

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)