Jelang Pilkada Serentak 2024, Polres Bima Kota Gelar Apel Pasukan Gatari Bersama Instansi Gabungan

0


 (P S N) Patrosidaknews. Com

KOTA BIMA, NTB - Menjelang Pilkada Serentak yang akan digelar pada 27 November 2024, Polres Bima Kota melaksanakan Apel Gelar Pasukan Galesa Tambora Rinjani (Gatari) di Lapangan Upacara Presisi Mako Polres Bima Kota. Jum'at (02/08/2024).


Apel ini bertujuan untuk memastikan proses Pilkada Serentak, mulai dari tahapan hingga penghitungan suara dan penetapan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah, berjalan aman dan sukses.


Apel Gatari tersebut melibatkan berbagai instansi terkait, termasuk TNI, Sat Brimobda Batalyon C Pelopor NTB dan Dinas Pol PP Kota Bima. Acara ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, antara lain Pj Wali Kota Bima HM Rum, pejabat Forkompinda Kota Bima, beberapa Kepala Dinas terkait, Komisioner KPU dan Bawaslu Kota Bima, serta tokoh agama dan masyarakat.


Kapolres Bima Kota AKBP Yudha Pranata memimpin langsung apel gelar pasukan Gatari. Acara dimulai dengan pemeriksaan pasukan oleh Kapolres, didampingi oleh Pj Wali Kota Bima dan beberapa pejabat lainnya, serta pemasangan pita tanda operasi.


Dalam sambutannya, Kapolres Bima Kota AKBP Yudha Pranata membacakan amanat dari Kapolda NTB, yang menekankan bahwa apel ini merupakan bagian dari operasi cipta kondisi pengamanan Pilkada Serentak tahun 2024, dengan nama Operasi Gatari. Kapolres menyoroti bahwa intensitas keamanan pada Pilkada Serentak ini akan lebih berat dibandingkan pemilu sebelumnya, mengingat ini merupakan Pilkada Serentak pertama di Indonesia.



"Pilkada membutuhkan pengamanan dengan jumlah personel yang lebih banyak," kata Kapolres, membacakan amanat Kapolda. Ia juga menegaskan pentingnya antisipasi dini, dengan memetakan wilayah rawan dan memulai dengan cara preventif dan humanis, seperti mendatangi dan berkomunikasi dengan masyarakat.


Antisipasi dan penegakan hukum terhadap informasi hoax, ujaran kebencian, dan isu berbau SARA juga menjadi poin penting yang diperhatikan dalam Operasi Gatari. "Mari kita sukseskan Pilkada Serentak ini dengan riang gembira, damai, dan akuntabel," tutup Kapolres Bima Kota, membacakan amanat Kapolda NTB Irjen Pol Raden Umar Faroq.


Dengan persiapan yang matang dan dukungan dari berbagai instansi, diharapkan Pilkada Serentak 2024 di Kota Bima dapat berjalan dengan aman dan lancar.


( Biro NTB )

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)