Wujudkan Pilkada Damai Polres Loteng Laksanakan Apel Satkamling

0


 (P S N) Patrosidaknews. Com

LOMBOK TENGAH, (NTB) - Kepolisian Resor (Polres) Lombok Tengah menggelar Apel Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) dalam rangka mewujudkan Pilkada Damai 2024 sekaligus dirangkaikan penyerahan penghargaan kepada pemenang lomba Satkamling tingkat Polres Lombok Tengah. 


Apel Satkamling tersebut dipimpin langsung oleh Dirbinmas Polda NTB Kombes Pol. Dessy Ismali, SIK, Kamis (5/9), dihadiri Forkopimda Kabupaten Lombok Tengah, para PJU Polres Lombok Tengah, Kapolsek Jajaran, Danramil, Camat serta para Kepala Desa. 


Kombes Pol. Dessy menyampaikan, kegiatan Apel Satkamling ini sebagai wujud peran serta masyarakat sebagai garda terdepan dalam menangani dan melakukan pencegahan permasalahan yang ada di lingkungan. Selain itu juga sekaligus salah satu upaya Polri dalam merevitalisasi Satlinmas. 


"Langkah ini penting untuk meningkatkan semangat dan mengoptimalkan peran awak Satkamling dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas, memelihara keamanan dan ketertiban secara swakarsa," ujar Kombes Pol. Dessy.


Disampaikan bahwa kehadiran Satkamling diharapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan yang dapat terjadi. Selain itu, dapat melakukan tindakan pencegahan dan penanganan gangguan keamanan di lingkungan.


"Peningkatan kemampuan awak Satkamling akan dilakukan melalui pelatihan penjagaan, patroli dan penyelesaian masalah warga. Sehingga pelaksanaan tugas Satkamling bisa berjalan sesuai ketentuan," ucapnya.


Selain itu, Satkamling juga merupakan wujud nyata peran serta masyarakat bersama Polri yang didukung TNI serta stakeholder terkait guna menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif, terlebih saat ini sudah memasuki tahapan Pilkada serentak 2024.



“Saya berharap Satkamling kedepan agar selalu ditingkatkan, karena Satkamling merupakan pengamanan swakarsa yang masih efektif dalam menjaga lingkungan dan mempersempit ruang gerak dari para pelaku tindak kriminal,” tandas Kombes

Pol. Dessy.


Kemudian, acara dilanjutkan dengan penyerahan hadiah lomba Satkampling tingkat Polres Lombok Tengah.


Para pemenang Lomba Satkampling tingkat Polres Lombok Tengah tahun 2024, di antaranya adalah Juara I Pos Kamling Bersatu Desa Janggawana Kecamatan Janapria, Juara II Pos Kamling Penambang Desa Sengkol Kecamatan Pujut dan Juara III Poskamling Anak Ajan Desa Montong Sampah Kecamatan Praya Barat Daya.


Sementara untuk Juara Harapan I Poskamling Datuq Nurdam Desa Teratak.


( BIRO NTB )

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)